Kumpulan Artikel Kajian Lintas Agama (Jilid 1)

    Author: N.A.K Genre: »
    Rating

    Klik gambar untuk download
    Format PDF
    Bahasa Bahasa Indonesia
    Karya Id Amor
    Sumber Kajian Lintas Agama


    • بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِي

      Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga kemuliaan dan keselamatan senantiasa tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.

      Salah satu tantangan yang dihadapi oleh umat Islam adalah keberadaan sekelompok orang yang terus berusaha dengan menggunakan berbagai cara untuk memurtadkan Umat Islam.

      Tantangan semacam ini akan terus ada dari jaman Kenabian hingga akhir jaman. realita tersebut menunjukan kebenaran ayat ayat Al Qur’an ini :

      Qs Al Baqarah 105

      مَّا يَوَدُّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَلَا الْمُشْرِكِينَ أَن يُنَزَّلَ عَلَيْكُم مِّنْ خَيْرٍ مِّن رَّبِّكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَخْتَصُّ بِرَحْمَتِهِ مَن يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

      Orang-orang kafir dari Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tiada menginginkan diturunkannya sesuatu kebaikan kepadamu dari Tuhanmu. Dan Allah menentukan siapa yang dikehendaki-Nya (untuk diberi) rahmat-Nya (kenabian); dan Allah mempunyai karunia yang besar.\

      Qs Ali Imran 69

      وَدَّت طَّائِفَةٌ مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يُضِلُّونَكُمْ وَمَا يُضِلُّونَ إِلَّا أَنفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ
      Segolongan dari Ahli Kitab ingin menyesatkan kamu, padahal mereka (sebenarnya) tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak menyadarinya.


      Terhadap persoalan yang dihadapi umat Islam tersebut,bagi umat Islam yang dalam keadaan minimnya iman dan pengetahuan tidak sedikit  dari mereka yang akhirnya terpengaruh oleh bujuk rayu dan opini yang disampaikan oleh para misionaris , hingga akhirnya mereka meninggalkan Islam dan mengikuti Agama para misionaris

      Ada juga sebagian dari Umat Islam yang sangat yakin akan kebeneran Islam dan tidak terpengaruh berbagai upaya yang dilakukan para misionaris, tetapi karena minimnya pengetahuan mereka menyikapi berbagai tindakan dan upaya para Misionaris lebih mengedepankan dengan cara cara emosional.

      Dengan respon respon yang mengedepankan cara cara emosional ,oleh para misionaris di jadikan sebagai pembenaran dalam pembentukan opini tentang Islam sebagaimana yang mereka inginkan.

      Tetapi bagi umat Islam yang mereka sangat meyakini akan kebenaran Islam dan disertai Ilmu yang memadai,mereka menghadapi berbagai gerakan para misionaris dengan lebih mengedepankan keilmuan yang mereka miliki.

      Umat Islam yang tidak hanya memiliki dasar keyakinan tetapi didukung keilmuan tidak hanya mampu menepis berbagai tuduhan para misionaris tetapi bisa menjelaskan berdasarkan keilmuannya bahwa Islam Adalah agama yang jauh lebih baik dibandingkan dengan agama yang dimiliki para misionaris.

      Umat Islam yang bisa membuktikan bahwa Islam adalah Agama yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Agama yang dimiliki para misionaris, selain ia memiliki pengetahuan yang memadai tentang Agamanya sendiri yaitu Islam,mereka juga memiliki pengetahuan tentang Agama para misionaris.

      Tentang Persoalan tersebut Allah Subhanahu wa ta’ala sudah memberikan petunjukNya tentang :

      1.Problem yang berasal dari pihak eksternal
      2.Bagaimana sikap Muslim seharusnya
      3.Peringatan jika mengikuti kemauan pihak ekstern.

      Petunjuk Allah Subhanahu wa ta’ala tersebut terdapat dalam  ,Qs Al Baqarah 120

      وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ ۗ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ
      Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.

      maka atas dasar itu kami terus mendorong kepada diri sendiri dan juga kepada saudara saudara seiman untuk membekali diri dengan keilmuan tentang Agama sendiri sekaligus pengetahuan tambahan tentang Agama lain.
      maka sebagai upaya kongkrit kami terhadap keinginan tersebut sejak tahun 2007 kami merintis sebuah pengarsipan Artikel artikel tentang Pengetahuan Islam sekaligus juga  mengarsipkan artikel artikel Tentang Agama lain. Dan arsip arsip tersebut bisa diakses untuk semua orang, terutama bisa diakses untuk umat islam. Dan nama perngarsipan tersebut kami nama “KAJIAN LINTAS AGAMA” dan Firman Allah yang kami jadikan keterangan tentang “Kajian Lintas Agama” adalah Qs Al Isra’ 36

      وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَـٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا
      Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggunganjawabnya.

      Dengan senantiasa mengingat ayat ini, kami berupaya untuk  mengingatkan kepada diri sendiri dan juga kepada siapapun yang mengakses Arsip yang kami kelola agar dalam berbagai hal yang dilakukan lebih mengedepankan memiliki dasar keilmuan sekaligus mengingat bahwa semua yang kita lakukan,kita lihat dan kit abaca serta kita dengar akan dimintai pertanggung jawab diyaumil hisab kelak.

      Setelah lebih 5 tahun kami mengarsipkan artikel artikel tersebut maka kami juga berharap arsip arsip tersebut bisa semakin mudah diakses ,dan salah satu usaha kongkrit mewujudkan keinginan tersebut kami perlu sekali membuat arsip tersebut dalam bentuk Ebook, agar lebih mudah diakses sekaligus efisien karena bisa diakses dalam bentuk Offline.

      Maka Insya Allah kami akan terus berusaha memperbanyak artikel yang bisa diarsipkan dan kemudian bisa menerbitkan dalam edisi Offline dalam bentuk Ebook.

      dan Ebook yang kami sampaikan ini adalah Ebook Kajian Agama Jilid 1 yang merupakan Artikel artikel yang diarsipkan dari tahun 2007-2008.

      InsyaAllah kedepan akan menerbitkan Edisi edisi lanjutannya.

      Semoga apa yang kami usahakan ini bisa memberi manfaat bagi kita semua dan Allah senantiasa meridhoi segala usaha kita


      Wassalam

    One Response so far.

    1. admin, tulisan "Klik gambar untuk download" nya kurang gede, jadi susah tadi nyarinya

    Leave a Reply